Makalah "Pengaruh Munculnya Ojek Online Terhadap Masyarakat"

MAKALAH
ILMU BUDAYA DASAR
“PENGARUH MUNCULNYA OJEK ONLINE TERHADAP MASYARAKAT”







Disusun Oleh :
          Nama    : Aldi Krisna Dewantoro
          NPM     : 10517430
          Kelas     : 1PA08


FAKULTAS PSIKOLOGI
JURUSAN PSIKOLOGI
UNIVERSITAS GUNADARMA
2017



KATA PENGANTAR

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Puji syukur marilah kita panjatkan kehadirat Allah SWT, yang telah memberikan anugerah dan karunia-Nya kepada kita, sehingga masih diberikan kesehatan, kekuatan, dan kemampuan untuk terus hadir dan berkarya, yang Insya Allah dapat bermanfaat bagi kemajuan manusia di masa yang akan datang. Aamiin Yarrabballallamiin.

Saya mengucapkan terima kasih kepada dosen mata kuliah Ilmu Budaya Dasar, yaitu Ibu Melaniawati, yang telah memberikan saya kesempatan untuk membuat makalah ini. Tak lupa, saya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu saya, sehingga makalah ini dapat terselesaikan dengan tepat waktu dan sebaik-baiknya.

Makalah ini disusun agar pembaca dapat memahami tentang dampak hadirnya Ojek Online terhadap berbagai lapisan masyarakat. Makalah ini kami susun dengan mencari informasi dari berbagai sumber.

Saya menyadari bahwa dalam penulisan makalah ini masih banyak kesalahan dan kekurangan. Oleh karena itu, kritik dan saran akan saya harapkan dan terima dengan senang hati demi kesempurnaan makalah ini. Semoga makalah ini dapat memberikan ilmu pengetahuan lebih luas bagi para pembaca pada umumnya.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.


                       Depok, 25 November 2017
                      Penyusun


                      Aldi Krisna Dewantoro


ii


DAFTAR ISI

JUDUL ..........................................................................................................................................        i
KATA PENGANTAR ..................................................................................................................        ii
DAFTAR ISI ................................................................................................................................        iii
BAB I PENDAHULUAN
            1.1  Latar Belakang ...........................................................................................................         1
            1.2  Identifikasi Masalah ...................................................................................................         1
            1.3  Pembatasan Masalah ..................................................................................................         2
            1.4  Perumusan Masalah ...................................................................................................         2
            1.5  Tujuan Penelitian .......................................................................................................         2
            1.6  Manfaat Penelitian .....................................................................................................         2
BAB II KAJIAN PUSTAKA
            2.1  Kerangka Teoritis ......................................................................................................         3
                        2.1.1  Pengertian Ojek ..........................................................................................         3
                        2.1.2  Pengertian Masyarakat ...............................................................................         3
                        2.1.3  Sejarah Ojek Online ...................................................................................         4
            2.2  Kerangka Pemikiran ..................................................................................................         4
            2.3  Hipotesis ....................................................................................................................         4


iii


BAB III METODE PENELITIAN
            3.1  Populasi dan Sampel .................................................................................................         5
                        3.1.1  Populasi.......................................................................................................         5
                        3.1.2  Sampel.........................................................................................................         5
            3.2  Metode Pengumpulan Data .......................................................................................         6
                        3.2.1  Wawancara .................................................................................................         6
            3.3  Instrumen Penelitian .................................................................................................         8
            3.4  Metode Analisis Data ...............................................................................................          8
BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
            4.1  Hasil Penelitian ........................................................................................................          9
            4.2  Pembahasan ..............................................................................................................          9
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN
            5.1  Kesimpulan ..............................................................................................................         10
            5.2  Saran ........................................................................................................................         10
DAFTAR PUSTAKA ................................................................................................................         11


iv


BAB I
PENDAHULUAN

1.1    Latar Belakang
        Angkutan umum memiliki peranan penting dalam pembangunan perekonomian, karena berkaitan dengan distribusi barang, jasa, dan tenaga kerja, serta merupakan inti dari pergerakan ekonomi di kota.
              Salah satu angkutan umum yang paling efektif dan efisien adalah ojek. Ojek atau ojeg adalah transportasi umum informal di Indonesia yang berupa sepeda motor. Disebut informal karena keberadaannya tidak diakui pemerintah dan tidak ada izin untuk pengoperasiannya. Penumpang biasanya hanya satu orang. Ojek banyak digunakan oleh penduduk di kota-kota besar karena kelebihannya dengan angkutan lain, yaitu lebih cepat dan dapat melewati sela-sela kemacetan di kota. Biasanya ojek mangkal di persimpangan jalan yang ramai, atau di jalan masuk kawasan pemukiman.
         Semakin pesatnya teknologi di zaman ini yang dinamakan internet, memungkinkan kita mendapatkan informasi dengan mudah dan cepat. Salah satunya adalah ojek tersebut. Kini, Indonesia terdapat sebuah layanan ojek online yang memungkinkan calon penumpang tidak perlu datang ke sebuah pangkalan ojek. Calon penumpang cukup memesan ojek dari sebuah aplikasi di smartphone, dan ojek akan datang menjemput.
        Kehadiran ojek online ini tentu memicu reaksi dari berbagai lapisan masyarakat yang menggantungkan hidupnya dengan layanan ojek. Seperti pengguna ojek ataupun pengendara ojek konvensional.

1.2      Identifikasi Masalah
            Melihat semua hal yang melatarbelakangi munculnya ojek online, kami menarik beberapa masalah dengan berdasarkan kepada :
1.      Adanya kecemburuan sosial yang dimiliki oleh pengendara ojek konvensional.
2.      Maraknya penjualan jasa berbasis online.


1


1.3    Pembatasan Masalah
            Karena cakupan lapisan masyarakat yang begitu luas, maka kami membataskan penelitian hanya dari segi pengaruh ojek online terhadap mahasiswa dan warga kota Depok, Jawa Barat, serta kehidupan dari pengendara ojek online itu sendiri dan dampak yang didapatkan oleh pengendara ojek konvensional.

1.4    Perumusan Masalah
1.   Apa dampak positif dan negatif yang ditimbulkan oleh hadirnya ojek online?
2.   Bagaimana cara mengatasi dampak negatif yang ditimbulkan oleh hadirnya ojek online?

1.5    Tujuan Penelitian
            Makalah ini dibuat untuk memenuhi tugas mata kuliah Ilmu Budaya Dasar. Selain itu, bertujuan untuk mendapatkan pengetahuan mengenai pengaruh hadirnya ojek online terhadap berbagai lapisan masyarakat dan solusi mengatasi hadirnya dampak negatif dari ojek online.

1.6    Manfaat Penelitian
1.    Bagi Mahasiswa
Mendapat pengetahuan mengenai dampak hadirnya ojek online.
2.    Bagi Masyarakat
Mendapat solusi atas setiap dampak negatif yang ditimbulkan akibat ojek online.


2


BAB II
KAJIAN PUSTAKA

2.1       Kerangka Teoritis
2.1.1    Pengertian Ojek
            Ojek atau ojeg adalah transportasi umum informal di Indonesia yang berupa sepeda motor. Disebut informal karena keberadaannya tidak diakui pemerintah dan tidak ada izin untuk pengoperasiannya. Penumpang biasanya berjumlah satu orang. Dengan harga yang ditentukan dengan tawar menawar dengan supir ojek terlebih dahulu, maka supir ojek tersebut akan mengantar ke tujuan yang diinginkan penumpangnya. Ojek banyak digunakan oleh penduduk di kota-kota besar karena kelebihannya dengan angkutan lain, yaitu lebih cepat dan dapat melewati sela-sela kemacetan di kota. Biasanya ojek mangkal di persimpangan jalan yang ramai, atau di jalan masuk kawasan pemukiman.

2.1.2    Pengertian Masyarakat
            Masyarakat adalah sekelompok orang yang membentuk sebuah sistem semi tertutup (atau semi terbuka), dimana sebagian besar interaksi adalah antara individu-individu yang berada dalam kelompok tersebut.


3


2.1.3    Sejarah Ojek Online
            Perusahaan ojek online sendiri didirikan oleh salah satu penumpang ojek konvensional, Nadiem Makariem. Dengan salah satu tukang ojek langganannya, ia mengetahui bahwa waktu luang tukang ojek banyak digunakan hanya untuk duduk menunggu penumpang datang. Sungguh sangat disayangkan jika banyak waktu yang terbuang percuma hanya untuk menunggu seorang penumpang. Maka dari itu, Nadiem mulai berpikir dan memutuskan untuk membuat sebuah aplikasi seperti media sosial, yang bisa digunakan oleh tukang ojek untuk memudahkan pelanggannya melakukan pemesanan secara online. Pada tahun 2011, Nadiem berhasil membuat sebuah perusahaan dan aplikasi online bernama Go-Jek. Biaya yang dikeluarkan untuk mendapat layanan ini juga tergolong murah. Untuk jarak 1 – 10 km, dikenakan biaya sekitar Rp. 12.000, jarak 11 – 15 km Rp. 15.000, dan jarak di atas 15 km dikenakan biaya Rp. 2.000/km.

2.2       Kerangka Pemikiran
            Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh atau dampak dari hadirnya ojek online yang sedang menjamur di masyarakat. Masyarakat kota-kota besar memang mempunyai berbagai rutinitas yang dituntut untuk bergerak cepat. Dengan hadirnya layanan ojek yang bisa dipesan secara online ini, masyarakat tidak perlu mencari-cari ojek tersebut.
            Namun, setiap hadirnya hal-hal baru, tentu mempunyai segala pro dan kontra. Masyarakat memang mendapatkan dampak yang positif. Tetapi, ojek konvensional atau ojek tradisional lah yang merasa “tersisih” dengan hadirnya ojek online ini.

2.3       Hipotesis
            Ojek online memiliki pengaruh terhadap masyarakat dan ojek tradisional.


4


BAB III
METODE PENELITIAN

3.1       Populasi dan Sampel
            3.1.1    Populasi
            Populasi adalah keseluruhan dari variabel yang menyangkut masalah yang diteliti (Nursalam, 2002). Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah pengemudi Ojek Online di Depok, Jawa Barat, pengemudi Ojek Konvensional, Masyarakat kota Depok, Jawa Barat, dan mahasiswa Universitas Gunadarma.

3.1.2    Sampel
            Sampel adalah bagian populasi yang akan diteliti atau sebagian jumlah dari karakteristik yang dimiliki oleh populasi (Hidayat, 2007). Berikut ini orang yang menjadi sampel untuk mendapat hasil penelitian :
1.      Aar Zauhari, pengemudi Ojek Online di Depok, Jawa Barat.
2.      Tukang becak di Depok, Jawa Barat.
3.      Andrew Budiman, mahasiswa Universitas Gunadarma.
4.      Wawan, pengemudi Ojek Konvensional di depan Kampus H Universitas Gunadarma.


5


3.2       Metode Pengumpulan Data
                3.2.1    Wawancara
            1.  Aar Zauhari, pengemudi Ojek Online di Depok, Jawa Barat.
Pertanyaan
Jawaban
Sudah berapa lama anda menjadi pengemudi Ojek Online?
2 bulan.
Apa yang membuat anda tertarik menjadi pengemudi Ojek Online?
Tidak ada pekerjaan lain dan susah mencari kerja.
Bagaimana suka dan duka anda selama menjadi pengemudi Ojek Online?
Sukanya kalau mendapat target poin dan uang tambahan dari penumpang. Dukanya, kalau hujan jadi hambatan dalam perjalanan, karena macet.

            2.  Tukang becak di Depok, Jawa Barat.
Pertanyaan
Jawaban
Pak, apakah ada Ojek Online di Jalan Nusantara Depok, Jawa Barat?
Ada, tapi hanya sebagian. Karena banyak yang takut sama Ojek Konvensional. Nanti dikirain merebut penumpang.
Lalu, dimana Ojek Online di Jalan Nusantara tersebar, Pak?
Di dekat SMAN 1 Depok sama sekitar tempat titik kumpul ojek online.


6


            3.  Andrew Budiman, mahasiswa Universitas Gunadarma.
Pertanyaan
Jawaban
Apa yang membuat anda tertarik menggunakan Ojek Online?
Karena Ojek Online sangat mudah dan cepat. Tarifnya pun sangat terjangkau.
Bagaimana suka dan duka menjadi penumpang Ojek Online?
Sukanya bisa datang tepat waktu ke tujuan. Dukanya pernah menunggu Ojek Online terlalu lama.
Seberapa sering anda menggunakan Ojek Online?
Hampir setiap hari, untuk keperluan pulang pergi ke kampus Universitas Gunadarma.
Menurut anda, bagaimana dampak positif dan negatif munculnya Ojek Online?
Positifnya, orang – orang menjadi terbantu jika ingin ke suatu tempat yang jauh jadi lebih cepat. Negatifnya, Ojek Konvensional merasa tersisih.


7


4.  Wawan, pengemudi Ojek Konvensional di depan Kampus H Universitas Gunadarma.
Pertanyaan
Jawaban
Apa dampak yang anda dapatkan setelah hadirnya Ojek Online?
Penumpang menjadi lebih sepi. Sebelum ada Ojek Online, pendapatan saya sekitar Rp. 40.000 – Rp. 45.000 sehari. Sekarang, hanya sekitar Rp. 15.000 – Rp. 20.000 per hari. Kehidupan ekonomi keluarga saya menjadi lebih sulit.
Mengapa Bapak tidak tertarik untuk ikut bekerja dengan perusahaan Ojek Online?
Karena persyaratan untuk masuk Ojek Online sulit, dan saya merasa tidak tertarik karena saya sudah bekerja menjadi Ojek di depan Kampus H Universitas Gunadarma sekitar 7 tahun.

3.3       Instrumen Penelitian
            Suatu bentuk dialog yang dilakukan oleh pewawancara untuk memperoleh informasi dari terwawancara dinamakan interview. Instrumennya dinamakan pedoman wawancara atau interview guide.

3.4       Metode Analisis Data
            Metode analisis data yang kami gunakan adalah metode analisis data kuantitatif. Metode ini menggunakan alat statistik, yaitu analisis data.


8


BAB IV
HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN

4.1       Hasil Penelitian
            Berdasarkan hasil wawancara yang telah kami lakukan terhadap narasumber, dapat disimpulkan bahwa Ojek Online sangat berpengaruh pada setiap lapisan masyarakat, baik penumpang maupun pengendara, serta pengendara Ojek Konvensional. Pengendara Ojek Konvensional sebagian besar merasa dirugikan dengan hadirnya Ojek Online. Mereka tidak memiliki keinginan untuk ikut bekerja dengan perusahaan Ojek Online. Sedangkan para pengendara Ojek Online sangat berguna untuk masyarakat dan mereka pun mendapat keuntungan yang lebih banyak.

4.2       Pembahasan
            Berdasarkan jawaban para responden yang tertuang di dalam wawancara, maka terjawablah permasalahan pada bab sebelumnya. Dampak positif hadirnya Ojek Online ini adalah masyarakat mendapat layanan ojek lebih mudah, murah, dan cepat. Perusahaan Ojek Online juga membuka lapangan kerja untuk masyarakat, sehingga masyarakat bisa mendapat penghasilan lebih. Dampak negatif dari hadirnya Ojek Online adalah bagi para Ojek Konvensional, layanan ini membuat penghasilan mereka lebih sedikit.
            Solusi untuk menangani dampak negatif tersebut adalah bagi masyarakat sebaiknya tidak selalu menggunakan Ojek Online agar bisa membagi rezeki untuk Ojek Konvensional. Bagi para pengemudi Ojek Konvensional, sebaiknya memiliki kemauan untuk mengikuti teknologi pada zaman ini. Sehingga bisa ikut bekerja dengan perusahaan Ojek Online dan menggunakan gadget selama bekerja.


9


BAB V
KESIMPULAN DAN SARAN

5.1       Kesimpulan
            Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat diambil kesimpulan sebagai berikut:
1.      Sebagian besar masyarakat lebih memilih menggunakan Ojek Online karena lebih mudah, murah, dan cepat.
2.      Perusahaan Ojek Online juga membuka lapangan kerja untuk masyarakat, sehingga masyarakat bisa mendapat penghasilan lebih.
3.      Bagi para Ojek Konvensional, layanan Ojek Online ini membuat penghasilan mereka lebih sedikit.

5.2       Saran
1.      Bagi masyarakat, sebaiknya tidak selalu menggunakan Ojek Online agar bisa membagi rezeki untuk Ojek Konvensional.
2.      Bagi para pengemudi Ojek Konvensional, sebaiknya memiliki kemauan untuk mengikuti teknologi pada zaman ini. Jangan selalu menyalahkan teknologi yang berkembang. Sehingga bisa ikut bekerja dengan perusahaan Ojek Online dan menggunakan gadget selama bekerja.


10


DAFTAR PUSTAKA

https://id.m.wikipedia.org/wiki/Ojek
https://id.m.wikipedia.org/wiki/Masyarakat
https://1click2update.blogspot.com/2015/09/sejarah-gojek
https://sarjanaku.com/2011/07/contoh-karya-ilmiyah


11

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Analisis Puisi "Pada Suatu Hari Nanti" - Sapardi Djoko Damono

Makalah "Kebudayaan Suku Madura, Jawa Timur"