Makalah "Pengaruh Munculnya Ojek Online Terhadap Masyarakat"
MAKALAH
ILMU BUDAYA DASAR
“PENGARUH
MUNCULNYA OJEK ONLINE TERHADAP MASYARAKAT”
Disusun Oleh
:
Nama : Aldi Krisna Dewantoro
NPM : 10517430
Kelas : 1PA08
FAKULTAS PSIKOLOGI
JURUSAN PSIKOLOGI
UNIVERSITAS GUNADARMA
2017
KATA PENGANTAR
Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Puji syukur marilah kita panjatkan kehadirat Allah SWT, yang telah memberikan anugerah dan karunia-Nya kepada kita, sehingga masih diberikan kesehatan, kekuatan, dan kemampuan untuk terus hadir dan berkarya, yang Insya Allah dapat bermanfaat bagi kemajuan manusia di masa yang akan datang. Aamiin Yarrabballallamiin.
Saya mengucapkan terima kasih kepada dosen mata kuliah Ilmu Budaya Dasar, yaitu Ibu Melaniawati, yang telah memberikan saya kesempatan untuk membuat makalah ini. Tak lupa, saya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu saya, sehingga makalah ini dapat terselesaikan dengan tepat waktu dan sebaik-baiknya.
Makalah ini disusun agar pembaca
dapat memahami tentang dampak hadirnya Ojek Online terhadap
berbagai lapisan masyarakat. Makalah ini kami susun dengan mencari informasi
dari berbagai sumber.
Saya menyadari bahwa dalam penulisan
makalah ini masih banyak kesalahan dan kekurangan. Oleh karena itu, kritik dan
saran akan saya harapkan dan terima dengan senang hati demi kesempurnaan
makalah ini. Semoga makalah ini dapat memberikan ilmu pengetahuan lebih
luas bagi para pembaca pada umumnya.
Wassalamu’alaikum Wr. Wb.
Depok, 25 November 2017
Penyusun
Aldi Krisna Dewantoro
ii
DAFTAR ISI
JUDUL
.......................................................................................................................................... i
KATA
PENGANTAR .................................................................................................................. ii
DAFTAR
ISI ................................................................................................................................ iii
BAB
I PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang ........................................................................................................... 1
1.2
Identifikasi Masalah ................................................................................................... 1
1.3
Pembatasan Masalah .................................................................................................. 2
1.4
Perumusan Masalah ................................................................................................... 2
1.5
Tujuan Penelitian ....................................................................................................... 2
1.6
Manfaat Penelitian ..................................................................................................... 2
BAB
II KAJIAN PUSTAKA
2.1
Kerangka Teoritis ...................................................................................................... 3
2.1.1 Pengertian Ojek .......................................................................................... 3
2.1.2 Pengertian Masyarakat ............................................................................... 3
2.1.3 Sejarah Ojek Online ................................................................................... 4
2.2
Kerangka Pemikiran .................................................................................................. 4
2.3
Hipotesis .................................................................................................................... 4
iii
BAB
III METODE PENELITIAN
3.1
Populasi dan Sampel ................................................................................................. 5
3.1.1 Populasi....................................................................................................... 5
3.1.2 Sampel......................................................................................................... 5
3.2
Metode Pengumpulan Data ....................................................................................... 6
3.2.1 Wawancara ................................................................................................. 6
3.3
Instrumen Penelitian ................................................................................................. 8
3.4
Metode Analisis Data ............................................................................................... 8
BAB
IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
4.1
Hasil Penelitian ........................................................................................................ 9
4.2
Pembahasan .............................................................................................................. 9
BAB
V KESIMPULAN DAN SARAN
5.1
Kesimpulan .............................................................................................................. 10
5.2
Saran ........................................................................................................................ 10
DAFTAR
PUSTAKA ................................................................................................................ 11
iv
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar
Belakang
Angkutan
umum memiliki peranan penting dalam pembangunan perekonomian, karena berkaitan
dengan distribusi barang, jasa, dan tenaga kerja, serta merupakan inti dari
pergerakan ekonomi di kota.
Salah
satu angkutan umum yang paling efektif dan efisien adalah ojek. Ojek atau ojeg
adalah transportasi umum informal di Indonesia yang berupa sepeda motor.
Disebut informal karena keberadaannya tidak diakui pemerintah dan tidak ada
izin untuk pengoperasiannya. Penumpang biasanya hanya satu orang. Ojek banyak
digunakan oleh penduduk di kota-kota besar karena kelebihannya dengan angkutan
lain, yaitu lebih cepat dan dapat melewati sela-sela kemacetan di kota.
Biasanya ojek mangkal di persimpangan jalan yang ramai, atau di jalan masuk
kawasan pemukiman.
Semakin
pesatnya teknologi di zaman ini yang dinamakan internet, memungkinkan kita mendapatkan
informasi dengan mudah dan cepat. Salah satunya adalah ojek tersebut. Kini,
Indonesia terdapat sebuah layanan ojek online yang memungkinkan
calon penumpang tidak perlu datang ke sebuah pangkalan ojek. Calon penumpang
cukup memesan ojek dari sebuah aplikasi di smartphone, dan
ojek akan datang menjemput.
Kehadiran
ojek online ini tentu memicu reaksi
dari berbagai lapisan masyarakat yang menggantungkan hidupnya dengan layanan
ojek. Seperti pengguna ojek ataupun pengendara ojek konvensional.
1.2 Identifikasi Masalah
Melihat
semua hal yang melatarbelakangi munculnya ojek online, kami menarik
beberapa masalah dengan berdasarkan kepada :
1.
Adanya kecemburuan sosial yang dimiliki oleh
pengendara ojek konvensional.
2.
Maraknya penjualan jasa berbasis online.
1
1.3 Pembatasan
Masalah
Karena
cakupan lapisan masyarakat yang begitu luas, maka kami membataskan penelitian
hanya dari segi pengaruh ojek online terhadap mahasiswa dan
warga kota Depok, Jawa Barat, serta kehidupan dari pengendara ojek online
itu sendiri dan dampak yang didapatkan oleh pengendara ojek konvensional.
1.4 Perumusan
Masalah
1. Apa dampak positif dan negatif yang ditimbulkan oleh
hadirnya ojek online?
2. Bagaimana cara mengatasi dampak negatif yang
ditimbulkan oleh hadirnya ojek online?
1.5 Tujuan
Penelitian
Makalah
ini dibuat untuk memenuhi tugas mata kuliah Ilmu Budaya Dasar. Selain itu, bertujuan
untuk mendapatkan pengetahuan mengenai pengaruh hadirnya ojek online terhadap berbagai lapisan
masyarakat dan solusi mengatasi hadirnya dampak negatif dari ojek online.
1.6 Manfaat
Penelitian
1.
Bagi Mahasiswa
Mendapat pengetahuan mengenai dampak
hadirnya ojek online.
2.
Bagi Masyarakat
Mendapat solusi atas setiap dampak negatif
yang ditimbulkan akibat ojek online.
2
BAB II
KAJIAN PUSTAKA
2.1 Kerangka
Teoritis
2.1.1 Pengertian
Ojek
Ojek
atau ojeg adalah transportasi umum informal di Indonesia yang berupa sepeda
motor. Disebut informal karena keberadaannya tidak diakui pemerintah dan tidak
ada izin untuk pengoperasiannya. Penumpang biasanya berjumlah satu orang.
Dengan harga yang ditentukan dengan tawar menawar dengan supir ojek terlebih
dahulu, maka supir ojek tersebut akan mengantar ke tujuan yang diinginkan
penumpangnya. Ojek banyak digunakan oleh penduduk di kota-kota besar karena
kelebihannya dengan angkutan lain, yaitu lebih cepat dan dapat melewati
sela-sela kemacetan di kota. Biasanya ojek mangkal di persimpangan jalan yang
ramai, atau di jalan masuk kawasan pemukiman.
2.1.2 Pengertian
Masyarakat
Masyarakat adalah sekelompok orang yang membentuk sebuah sistem semi tertutup
(atau semi terbuka), dimana sebagian besar interaksi adalah antara
individu-individu yang berada dalam kelompok tersebut.
3
2.1.3 Sejarah Ojek Online
Perusahaan ojek online sendiri didirikan oleh salah satu
penumpang ojek konvensional, Nadiem Makariem. Dengan salah satu tukang ojek
langganannya, ia mengetahui bahwa waktu luang tukang ojek banyak digunakan
hanya untuk duduk menunggu penumpang datang. Sungguh sangat disayangkan jika
banyak waktu yang terbuang percuma hanya untuk menunggu seorang penumpang. Maka
dari itu, Nadiem mulai berpikir dan memutuskan untuk membuat sebuah aplikasi
seperti media sosial, yang bisa digunakan oleh tukang ojek untuk memudahkan
pelanggannya melakukan pemesanan secara online.
Pada tahun 2011, Nadiem berhasil membuat sebuah perusahaan dan aplikasi online bernama Go-Jek. Biaya yang dikeluarkan untuk mendapat layanan ini juga
tergolong murah. Untuk jarak 1 – 10 km, dikenakan biaya sekitar Rp. 12.000,
jarak 11 – 15 km Rp. 15.000, dan jarak di atas 15 km dikenakan biaya Rp.
2.000/km.
2.2 Kerangka
Pemikiran
Penelitian
ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh atau dampak dari hadirnya ojek online yang sedang menjamur di
masyarakat. Masyarakat kota-kota besar memang mempunyai berbagai rutinitas yang
dituntut untuk bergerak cepat. Dengan hadirnya layanan ojek yang bisa dipesan
secara online ini, masyarakat tidak perlu mencari-cari ojek tersebut.
Namun,
setiap hadirnya hal-hal baru, tentu mempunyai segala pro dan kontra. Masyarakat
memang mendapatkan dampak yang positif. Tetapi, ojek konvensional atau ojek
tradisional lah yang merasa “tersisih” dengan hadirnya ojek online ini.
2.3 Hipotesis
Ojek online memiliki pengaruh terhadap masyarakat dan ojek
tradisional.
4
BAB III
METODE PENELITIAN
3.1 Populasi
dan Sampel
3.1.1 Populasi
Populasi adalah
keseluruhan dari variabel yang menyangkut masalah yang diteliti (Nursalam,
2002). Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah pengemudi Ojek Online
di Depok, Jawa Barat, pengemudi Ojek Konvensional, Masyarakat kota Depok, Jawa
Barat, dan mahasiswa Universitas Gunadarma.
3.1.2 Sampel
Sampel adalah bagian
populasi yang akan diteliti atau sebagian jumlah dari karakteristik yang
dimiliki oleh populasi (Hidayat, 2007). Berikut ini orang yang menjadi sampel
untuk mendapat hasil penelitian :
1.
Aar Zauhari, pengemudi Ojek Online di Depok, Jawa Barat.
2.
Tukang becak di Depok, Jawa Barat.
3.
Andrew Budiman, mahasiswa Universitas Gunadarma.
4.
Wawan, pengemudi Ojek Konvensional di depan Kampus H
Universitas Gunadarma.
5
3.2 Metode
Pengumpulan Data
3.2.1 Wawancara
1. Aar Zauhari, pengemudi Ojek Online di
Depok, Jawa Barat.
Pertanyaan
|
Jawaban
|
Sudah berapa lama anda menjadi pengemudi Ojek Online?
|
2 bulan.
|
Apa yang membuat anda tertarik menjadi pengemudi
Ojek Online?
|
Tidak ada pekerjaan lain dan susah mencari kerja.
|
Bagaimana suka dan duka anda selama menjadi
pengemudi Ojek Online?
|
Sukanya kalau mendapat target poin dan uang tambahan
dari penumpang. Dukanya, kalau hujan jadi hambatan dalam perjalanan, karena
macet.
|
2. Tukang becak di Depok, Jawa Barat.
Pertanyaan
|
Jawaban
|
Pak, apakah ada Ojek Online di Jalan
Nusantara Depok, Jawa Barat?
|
Ada, tapi hanya sebagian. Karena banyak yang takut sama
Ojek Konvensional. Nanti dikirain merebut penumpang.
|
Lalu, dimana Ojek Online di Jalan Nusantara
tersebar, Pak?
|
Di dekat SMAN 1 Depok sama sekitar tempat titik
kumpul ojek online.
|
6
3. Andrew Budiman, mahasiswa Universitas
Gunadarma.
Pertanyaan
|
Jawaban
|
Apa yang membuat anda tertarik menggunakan Ojek Online?
|
Karena Ojek Online sangat mudah dan
cepat. Tarifnya pun sangat terjangkau.
|
Bagaimana suka dan duka menjadi penumpang Ojek Online?
|
Sukanya bisa datang tepat waktu ke tujuan. Dukanya
pernah menunggu Ojek Online terlalu lama.
|
Seberapa sering anda menggunakan Ojek Online?
|
Hampir setiap hari, untuk keperluan pulang pergi ke
kampus Universitas Gunadarma.
|
Menurut anda, bagaimana dampak positif dan negatif
munculnya Ojek Online?
|
Positifnya, orang – orang menjadi terbantu jika
ingin ke suatu tempat yang jauh jadi lebih cepat. Negatifnya, Ojek
Konvensional merasa tersisih.
|
7
4.
Wawan, pengemudi Ojek Konvensional di depan Kampus H Universitas
Gunadarma.
Pertanyaan
|
Jawaban
|
Apa dampak yang anda dapatkan setelah hadirnya Ojek Online?
|
Penumpang menjadi lebih sepi. Sebelum ada Ojek Online, pendapatan saya sekitar Rp.
40.000 – Rp. 45.000 sehari. Sekarang, hanya sekitar Rp. 15.000 – Rp. 20.000
per hari. Kehidupan ekonomi keluarga saya menjadi lebih sulit.
|
Mengapa Bapak tidak tertarik untuk ikut bekerja
dengan perusahaan Ojek Online?
|
Karena persyaratan untuk masuk Ojek Online sulit,
dan saya merasa tidak tertarik karena saya sudah bekerja menjadi Ojek di
depan Kampus H Universitas Gunadarma sekitar 7 tahun.
|
3.3 Instrumen
Penelitian
Suatu bentuk dialog yang dilakukan oleh pewawancara untuk memperoleh informasi
dari terwawancara dinamakan interview. Instrumennya dinamakan
pedoman wawancara atau interview guide.
3.4 Metode
Analisis Data
Metode analisis data yang kami gunakan adalah metode analisis data kuantitatif.
Metode ini menggunakan alat statistik, yaitu analisis data.
8
BAB IV
HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
4.1 Hasil
Penelitian
Berdasarkan
hasil wawancara yang telah kami lakukan terhadap narasumber, dapat disimpulkan
bahwa Ojek Online sangat berpengaruh pada setiap lapisan
masyarakat, baik penumpang maupun pengendara, serta pengendara Ojek
Konvensional. Pengendara Ojek Konvensional sebagian besar merasa dirugikan
dengan hadirnya Ojek Online. Mereka tidak memiliki keinginan untuk
ikut bekerja dengan perusahaan Ojek Online. Sedangkan para
pengendara Ojek Online sangat berguna untuk masyarakat dan
mereka pun mendapat keuntungan yang lebih banyak.
4.2 Pembahasan
Berdasarkan
jawaban para responden yang tertuang di dalam wawancara, maka terjawablah
permasalahan pada bab sebelumnya. Dampak positif hadirnya Ojek Online ini
adalah masyarakat mendapat layanan ojek lebih mudah, murah, dan cepat.
Perusahaan Ojek Online juga membuka lapangan kerja untuk
masyarakat, sehingga masyarakat bisa mendapat penghasilan lebih. Dampak negatif
dari hadirnya Ojek Online adalah bagi para Ojek Konvensional,
layanan ini membuat penghasilan mereka lebih sedikit.
Solusi untuk menangani dampak negatif tersebut adalah bagi masyarakat sebaiknya tidak selalu menggunakan Ojek Online agar bisa membagi rezeki untuk Ojek Konvensional. Bagi para pengemudi Ojek Konvensional, sebaiknya memiliki kemauan untuk mengikuti teknologi pada zaman ini. Sehingga bisa ikut bekerja dengan perusahaan Ojek Online dan menggunakan gadget selama bekerja.
Solusi untuk menangani dampak negatif tersebut adalah bagi masyarakat sebaiknya tidak selalu menggunakan Ojek Online agar bisa membagi rezeki untuk Ojek Konvensional. Bagi para pengemudi Ojek Konvensional, sebaiknya memiliki kemauan untuk mengikuti teknologi pada zaman ini. Sehingga bisa ikut bekerja dengan perusahaan Ojek Online dan menggunakan gadget selama bekerja.
9
BAB V
KESIMPULAN DAN SARAN
5.1 Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat diambil kesimpulan sebagai berikut:
1.
Sebagian besar masyarakat lebih memilih menggunakan
Ojek Online karena lebih mudah, murah, dan cepat.
2.
Perusahaan Ojek Online juga membuka
lapangan kerja untuk masyarakat, sehingga masyarakat bisa mendapat penghasilan
lebih.
3.
Bagi para Ojek Konvensional, layanan Ojek Online ini
membuat penghasilan mereka lebih sedikit.
5.2 Saran
1.
Bagi masyarakat, sebaiknya tidak selalu menggunakan
Ojek Online agar bisa membagi rezeki untuk Ojek Konvensional.
2.
Bagi para pengemudi Ojek Konvensional, sebaiknya
memiliki kemauan untuk mengikuti teknologi pada zaman ini. Jangan selalu
menyalahkan teknologi yang berkembang. Sehingga bisa ikut bekerja dengan
perusahaan Ojek Online dan menggunakan gadget selama bekerja.
10
DAFTAR PUSTAKA
https://id.m.wikipedia.org/wiki/Ojek
https://id.m.wikipedia.org/wiki/Masyarakat
https://1click2update.blogspot.com/2015/09/sejarah-gojek
https://sarjanaku.com/2011/07/contoh-karya-ilmiyah
11

Sangat bagus
BalasHapusMantap
BalasHapus